Visitasi dan Verifikasi SAQ Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2019

Karanganyar, Selasa (29/10/19), Kepala Dinas DISHUB PKP Sundoro, SH, M.Si beserta Tim PPID Pembantu  menerima Tim Visitasi Komisi Informasi Provinsi (KIP) yang dipimpin oleh Dr. Wijaya, SH, MH. untuk melakukan penilaian Badan Publik.

Sebelumnya Kuesioner Penilaian Self Assessment Questionnaire (SAQ) telah disampaikan kepada DISHUB PKP dan melalui visitasi ini penilaian dilakukan secara langsung oleh Tim untuk memastikan apakah dokumen dokumen SAQ secara fisik telah tersedia.

Dalam arahannya Wijaya menyampaikan secara singkat maksud dan tujuan dari visitasi ini adalah untuk mengetahui tingkat pelaksanaan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik oleh Badan Publik dalam menjalankan kewajiban dan memberikan akses informasi publik ke masyarakat, melalui pengembangan metode dan instrument pemeringkatan Badan Publik.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa  Komisi  Informasi  adalah pengawal   keterbukaan   informasi  di   Indonesia,  yang  memiliki   tugas   utama menyelesaikan sengketa antara masyarakat dengan badan publik terkait dengan informasi publik, dan hal tersebut bukanlah suatu tugas yang  mudah karena keterbukaan informasi adalah mencakup mental, mindset, sikap dan budaya yang memerlukan komitmen, koordinasi, komunikasi, kolaborasi dan konsistensi untuk mewujudkannya

Tim PPID Pembantu DISHUB PKP diminta menunjukkan bukti/ evidence terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi, penyediaan informasi publik, dan mekanisme pelayanan permohonan informasi publik kepada masyarakat baik itu perseorangan atau badan hukum. Setelah melakukan pemeriksaan kesesuaian dokumen, tim visitasi akhirnya memberikan saran dan masukan terkait perbaikan pelayanan informasi publik ke depannya.

Dengan adanya visitasi ini, diharapkan agar PPID DISHUB PKP lebih termotivasi dalam memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik sehingga pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik dapat dilakukan secara cepat, tepat dan optimal kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *